Jalur selatan Detail Banyumas

Jalur selatan jawa tengah, pertama kali yang akan anda temui setelepas Kota Banjar-Patroman adalah Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Jalur ini melewati beberapa kondisi yang berkelok-kelok dan juga hutan.

jateng selatan 01, click to zoom

Selepas Wanareja, anda akan masuk kecamatan Majenang, lalu Karangpucung dan Lumbir. Jalur selepas kota Majenang juga banyak kelokan serta hutan. Kemudian anda akan masuk ke Kecamatan Wangon.

jateng selatan 02, click to zoom

Di Kota wangon, ada perempatan lampu merah, kalo ke kiri adalah Ajibarang berlajut Tegal Pantura. Kiri adalah ke kota Cialcap. Karena tujuan adalah Ambarawa, maka ambil jalur lurus.

Ikuti jalur lurus tersebut, kemudian sampai ke kecamatan Rawalo kabupaten Banyumas. Sebagai pengingat saja, menjelang pertigaan Rawalo, anda akan menemui bangunan semacam jaringan listrik/PLN di kanan jalan.

jateng selatan detail 01 rawalo, click to zoom

Gambaran pertigaan Rawalo berupa jalur lurus (jalan kecil) dan belokan (bentuknya speed corner) ke kanan. Kita ambil yang lurus, karena kalo ke kanan berarti anda masuk arah Jogja. *** Kalo misalnya anda kebablasan dari pertigaan ini, maka ciri khasnya adalah ada jembatan sungai dengan konstruksi melengkung, namanya Jembatan Cindaga

jembatan cindaga

OKe, kita kembali ke jalur lurus….ikuti jalur itu maka kemudian kita akan mendapati view yang Bagus. Yaitu bendung gerak serayu…..
kalo mau nyoba trail di trek juga bisa, soalnya ada sirkuitnya. terus ikuti jalurnya

Gambaran di sini adalah jalur berkelok-kelok, sisi kiri adalah pegunungan, sisi kanan adalah sungai, Salah satu view dari sana adalah jembatan KA
cek this

Selepas ini kemudian akan sampai ko NOTOG, sebelum notog anda akan melewat suatu jembatan (jembatan 1). selepas Notog, akan ditemui lagi jembatan (jembatan 2)dengan kondisi sekitarnya adalah sawah.

view jembatan 2 patikraja, click to zoom

Setelah jembatan ini sampailah di Pasar Patikraja. Hati-hati disini, karena pasar kecil tapi ramai, petunjuk arah agak tidak jelas. Gambaran disini adalah berupa belokan ke kiri, kalo mengikuti jalan ini maka akan sampai di Kota Purwokerto. Karena akan menuju Banyumas, maka setelah belokan ke kiri tadi maju 20 meter, perhatikan petunjuk arah dan pertigaan di sisi kanan, karena jalan itu yang akan kita ambil. Petunjuknya, di sisi kiri belokan ke kiri tadi ada Masjid.

jateng selatan detail 02 patikraja, click to zoom

Setelah kita ambil arah kanan, ikuti terus jalan itu, disisi kanan jalan adalah Sungai Serayu. Ikuti sampai mentok, kemudian ada pertigaan kaliori. di Pertigaan Kaliori ini kalo ke kiri adalah PUrwokerto. Kita ambil Kanan yaitu ke Banyumas. Selepas pertigaan kita akn melintas di Jembatan Serayu Banyumas. Lalu kota kecil Banyumas. IKuti terus jalur ini, sampi menemui per-empatan. Jalur utama belok kanan, lurus adalah jalan kampung, ke kiri jalur menengah.

jateng selatan detail 03 banyumas, click to zoom

Biar cepat kita ambil jalur kiri (lajur A). disini akan kita temui Soto Sangka : http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/07/05/soto-sangka/. Ikuti terus jalurnya lalu ada pertigaan ambil kanan, lalau akan ditemui jalur di tengah sawah, kurang lebih 3 Km. lalu akan sampi di pertigaan lagi, kita ambil kanan.

view perempatan banyumas, click to zoom

Jika di perempatan tadi kita terlanjur ambil kanan (jalur B), nggak apa-apa. ikuti terus jalur itu, namun di terminal banyumas ambil arah Banjarnegara (lurus), kalo ke kanan itu ke arah Jogja.

Jalur A dan Jalur B akan bertemu di pertigaan Danaraja (lihat attachment)

Selepas banyumas, ikuti terus jalan itu …..kurang lebih 10 atau 15 Km kita akan masuk kota kecil Klampok, setelah pasar klampol akan kita temui pertigaan lampu merah. jalur dari kiri adalah dari purbalingga. Kita ambil jalur lurus menuju banjarnegara

Selamat melanjutkan perjalanan menuju BAnjarnegara, Wonosobo, Temanggung….di temanggung ambil jalur pringsurat. Kao ambil jalur secang/magelang jadi muter. Setelah Pringsurat, lalu Pingit, Bedono, Jambu………….tibalah di Amjalurbarawa

##lihat di attachment, jalur yang diambil adalah yang di highlight##

***maaf bahasanya belepotan**

13 Komentar (+add yours?)

  1. nadi
    Agu 27, 2010 @ 08:32:30

    Kang ada koordinat GPSnya gak? Piye iki cara masukin data ke GPS? Wah, musti dicetak, dilempit, lan digowo neng tas petanya:mrgreen:

    Balas

  2. bjl
    Agu 27, 2010 @ 08:50:34

    ngais impoh..

    Balas

  3. xoy
    Agu 27, 2010 @ 08:52:49

    mantabs nih…
    trayek mudik kali ini lepas tol cirebon yg baru(brebes belok kanan) ambil jalur ke purwokerto-wangon dsb smp jogja
    matur nuwun infonya

    Balas

  4. Maskur®
    Agu 27, 2010 @ 09:04:52

    @kang nadi
    walah,bukak google earth. Aku gak ada je.

    Balas

  5. hampura
    Agu 27, 2010 @ 10:24:17

    Wah…kenangan lama…apakah rumah makan ikan serayu di pinggir sungai serayu setelah jembatan sungai serayu masih ada?

    Balas

  6. kuli sinyal
    Agu 27, 2010 @ 20:46:31

    wew…
    viewgambar sing perempatan banyumas karo view jembatan 2 patikraja kaya anu foto panoramic BTS y..mantep ki gole manjat tower-re.

    Balas

  7. orifspeed
    Agu 28, 2010 @ 02:21:33

    mantap lah pokoknya…

    Balas

  8. cak poer
    Agu 28, 2010 @ 05:23:24

    Jalur mudik nang nggon mertuaku:mrgreen:

    ora usah2 peta2an, (wis diluar kepala) , lha wong hampir tiap bulan mudik je (lebih tepatnya sambang mertuo) xixixixi:mrgreen:

    Balas

  9. Shark
    Agu 30, 2010 @ 18:42:09

    cikarang-bumiayu lanjut bumiayu-kebumen…..

    Balas

  10. Trackback: Jalur Mudik – Tentang Banyumas « Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: